Cara Mengurus Perijinan PT di Surabaya – Perijinan untuk membangun sebuah Perseroan Terbatas (PT) seringkali dikeluhkan sangat menyulitkan oleh para pengusaha.

Hal ini juga yang membuat banyak usaha kemudian tetap berjalan tanpa badan usaha yang resmi, Terlalu banyak hal yang harus diurus dan kurang tahunya mereka mengenai prosedur perijinan untuk mendirikan PT ini yang akhirnya membuat para pengusaha memilih tetap menjalankan usaha tanpa badan hukumnya. Hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan menggunakan jasa perijinan PT.

Apalagi untuk anda para pengusaha yang berasal dari Surabaya dan sampai saat ini msih mencari jasa perijinan PT Surabaya yang terpercaya. Kami dari jasaberkah.com sudah berpengalaman membantu banyak pengusaha untuk mengurus perijinan PT yang dimilikinya.

Prosesnya akan sangat menghemat waktu dan tenaga anda, dan pastinya biayanya pun terjangkau. Pilihan menggunakan jaaberkah.com ini pun cocok untuk anda yang belum tahu jelas berbagai tahapan prosedur perijinannya.

Daripada anda harus bolak balik mengurus perijinannya, lebih baik gunakan jasa perijinan PT Surabaya oleh jasaberkah.com saja. Bagi anda yang berminat atau tidak berminat, tetap penting untuk mengetahui bagaimana sih proses pengurusan perijinan PT ini.

Paling tidak anda bisa mendapatkan gambaran bagaimana seluruh tahapan yang harus dilalui dan apakah anda ingin mengurusnya sendiri atau menggunakan jasa yang ditawarkan oleh jasa perijinan PT Surabaya.

Jika informasi mengenai hal tersebut sulit anda temui sebelumnya, maka tenang saja. Kali ini akan dibahas secara lengkap Cara Mengurus Perijinan PT di Surabaya. Penasaran apa saja tahapannya? Silahkan simak pembahasan lengkap mengenai hal tersebut pada bagian di bawah ini.

Tahapan Cara Mengurus Perijinan PT di Surabayauntuk Anda Ketahui

Penjelasan pada bagian sebelumnya sudah cukup menggambarkan pada anda bukan, bahwa memang cukup banyak pihak terkait yang merasa kesulitan untuk melakukan pengurusan perijinan PT di Surabaya.

Padahal ada banyak jenis usaha di Surabaya yang berkembang dengan baik dan lebih baik dilindungi badan hukum usaha dengan mendirikannya menjadi sebuah PT.

Namun karena keterbatasan informasi, informasi mengenai bagaimana mendirikan PT ini belum jelas diketahui dalam masyarakat. Itulah sebabnya bagian pertama dari pembahasan kali ini akan dibuka dengan penjelasan mengenai apa saja tahapan perijinan PT di Surabaya. Silahkan simak penjelasannya ya!

1. Siapkan Seluruh Data yang Dibutuhkan untuk Pendirian PT –Cara Mengurus Perijinan PT di Surabaya

Perlu anda ketahui bahwa dalam pengurusan perijinan PT Surabaya dan berbagai daerah lain, ada beberapa data yang dibutuhkan. Data-data ini menjadi persyaratan yang harus dimiliki jika ingin bisa melalui proses pengurusan perijinan PT dengan lancar.

Kebanyakan pengusaha bahkan apa saja data yang dibutuhkan ini sudah tidak tahu. Akibatnya, proses pengurusan perijinan PT menjadi terasa begitu sulit. Sulitnya mengurus perijinan PT ini padahal diakibatkan oleh ketidaktahuannya akan persyaratan seluruh data yang dibutuhkan.

Anda sebagai salah satu pengusaha yang juga belum mengetahui apa saja data yang dibutuhkan untuk pendirian PT, bisa menyimak penjelasan pada bagian pertama ini. Beberapa data yang anda butuhkan tersebut antara lain adalah Nama PT, Tempat dan Kedudukan PT, Maksud dan Tujuan PT, Struktur Permodalan PT, dan juga Susunan Pengurus PT tersebut.

Masing-masing data tersebut memiliki pengaturannya sendiri lagi. Misal untuk nama harus minimal 3 suku kata, tidak boleh kata serapan, dan tidak boleh nama yang sudah digunakan oleh PT lain. Soal pengaturan tempat dan kedudukan, dimana PT beralamat disitulah tempat kedudukan PT itu harusnya berada.

Begitu seterusnya melibatkan apa maksud dan tujuan PT, bagaimana struktur permodalan PT, hingga siapa saja pengurus yang terlibat di dalamnya.

2. Buat Akta Pendirian PT dengan Bekerja Sama Notaris

Selanjutnya, setelah semua data yang dibutuhkan sudah anda siapkan silahkan lanjutkan proses pengurusan perijinan PT tersebut. Salah satu prosesnya dimulai dengan melakukan pembuatan akta pendirian PT. Sebuah akta tentunya dibuat oleh seorang notaris, karena adalah sesuatu dokumen dengan kekuatan hukum. Jadi dalam hal ini, pembuatan akta pendirian PT pun harus dibuat di notaris.

Pembuatan akta pendirian di notaris ini bisa di mana saja, asalkan sudah memliki SK pengangkatan notaris, telah disumpah, dan sudah terdaftar di Kemenkumham. Akta ini akan berisi segala pasal dalam pendirian PT yang harus ditandatangani oleh seluruh pendiri PT juga.

Nah pembuatan akta pendirian PT ini yang akan membutuhkan data-data yang sudah dijelaskan pada tahap satu sebelumnya, yaitu membutuhkan nama PT, alamatnya, modalnya, hingga berbagai dokumen penting lainnya.

3. Lakukan Pengesahan SK Menteri Terkait Pendirian PT Tersebut

Selanjutnya, anda juga bisa melanjutkan tahapan pengurusan perijinan PT ini dengan melakukan pengesahan SK Menteri. Jadi ada sebuah Surat Keputusan (SK) yang akan keluar dari Menteri dengan tujuan mengesahkan badan hukum PT yang anda dirikan tersebut.

SK ini akan keluar pada tanggal tertentu dan menjadi tanggal didirikannya PT tersebut secara resmi sebagai badan hukum dan tentunya telah diakui oleh negara.

Akan ada hak dan kewajiban yang kemudian wajib dilakukan dan diterima oleh sebuah PT yang telah keluar dan disahkan SK Menterinya.

Hal ini yang menjadi pembeda antara usaha yang telah berbadan hukum PT dan usaha yang belum. Usaha yang telah menjadi badan hukum PT, salah satu kewajibannya adalah melaporkan pajak dan membayarkannya tepat waktu.

4.Lakukan Pengurusan Keterangan Domisili di Kelurahan

Anda juga harus melakukan pengurusan keterangan domisili di Kelurahan sebagai salah satu tahapan pengurusan perijinan PT di Surabaya.

Hal ini berkaitan dengan bukti dokumen resmi mengenai di mana lokasi PT berada. Jadi surat keterangan domisili ini seperti disebutkan akan dikeluarkan oleh pihak Kelurahan terkait di mana daerah PT anda didirikan.

Prosesnya tidak terlalu berbeda dengan proses pengurusan Surat Keterangan Domisili untuk seorang individu. Hanya saja muungkin ada persyaratan yang berbeda.

Pastinya selain membawa surat pengantar dari Ketua RT dan RW, anda juga harus menyiapkan KTP pemilik PT serta akta pendirian PT yang dikeluarkan oleh notaris sebelummnya.

Hasil dari pembuatan Surat Keterangan Domisili ini adalah surat yang menerangkan nama PT, lokasinya, hingga berapa jumlah pekerja dan apa jenis usahanya.

Biasanya surat keterangan ini bersifat sementara dan harus diperpanjang dalam jangka wkatu tertentu. Beberapa daerah menetapkan alamat domisili PT tidak alamat dari sebuah rumah, jadi sesuaikan apakah di Surabaya juga ada aturan seperti itu?

5. Lakukan Pengurusan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) di Kantor Pajak

Memasuki tahapan pengurusan perijinan PT berikutnya, tentu adalah pembuatan NPWP yang akan dibutuhkan juga menjadi salah satu dokumen legalitas perusahaan. NPWP ini tentu sudah tidak asing lagi bagi anda para pekerja dan pengguna uang setiap waktu. Anda harus membayar pajak sesuai dengan penghasilan anda. Inilah yang sedang digalakkan oleh pemerintah, agar pajak setiap usaha dibayarkan dengan tertip ke pemerintah.

Anda akan mendapatkan NPWP perusahaan, dalam berbentuk kartu juga sebuah Surat Keterangan Terdaftar Pajak (SKT-Pajak). Kedua dokumen ini sangat dibutuhkan nantinya jika suatu waktu akan membayar pajak tetapi tidak tahu nominalnya. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengurus NPWP di kantor pajak terdekat. Biasanya harus kantor pajak sesuai dengan domisili.

6. Buat Izin Usaha dari PT yang Didirikan

Sebuah usaha yang ingin didirikan menjadi sebuah PT, tentu memiliki tujuan untuk bisa menyelenggarakan praktik usahanya untuk mendapatkan keuntungan. Sayangnya tidak semudah itu. Walaupun sudah dilakukan berbagai macam, anda tetap harus memiliki izin usaha.

Mungkin anda tidak terlalu mengenal jika disebut sebagai Izin Usaha saja, tapi bagaimana dengan SIUP? SIUP adalah istilah yang lebih dikenal dalam masyarakat untuk menjelaskan izin usaha. Nah yang anda harus urus dalam tahap perijinan PT ini adalah SIUP itu tadi.

Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) ini bisa anda urus di kantor kecamatan di wilayah domisili anda. Namun perlu anda ketahui bahwa SIUP dibagi lagi menjadi beberap akategori. Jadi biasanya bedasarkan penentuan dari pemerintah daerah, usaha anda yang dibangun menjadi PT akan dikelompokkan dalam hal jenis SIUP yang dimilikinya. Ada jenis SIUP mikro, SIUP kecil, SIUP menengah, dan juga SIUP besar.



7. Buat Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

Sudah hampir selesai tahap perijinan PT jika sudah memasuki tahapan pembuatan TDP yang satu ini. Sebelumnya tahukah anda apa itu TDP dan manfaatnya untuk perijinan PT anda? TDP ini adalah salah satu dokumen resmi yang sebaiknya dimiliki oleh PT yang anda dirikan.

Jadi dengan memiliki TDP, berarti PT anda telah memiliki daftar berbagai hal yang wajib didaftarkan oleh perusahan. Pembuatannya dilakukan di Kantor Walikota setempat. Jika anda melakukan menggunakan jasa perijinan PT Surabaya, maka TDP harus diurus di kantor walikota Surabaya.

Prosesnya bisa cepat bisa juga lama. Inilah keuntungan jika anda menggunakan jasaberkah.com. Pastinya tidak perlu lagi khawatir jika ternyata TDP pembuatannya memakan waktu lama, karena anda tidak mengurus sendiri dan menyisihkan waktu terpisah lagi. Jadi cobalah pertimbangkan untuk menggunakan jasaberkah.com untuk membantu anda ya.

8. Siapkan Sertifikat BPJS Ketenagakerjaan Milik Perusahaan

Sesuai pembaharuan peraturan di tahun 2018 lalu, ada tahpa perijinan yang harus ditambahkan dalam pembuatan PT. Tahap ini adalah sebuah usaha yang akan didaftarkan menjadi PT harus sudah memiliki sertifikat BPJS Ketenagakerjaan. Bahkan syarat yang satu ini sudah harus anda untuk mengurus dua dokumen terakhir sebelumnya. Jadi siapkan BPJS Ketenagakerjaan dahulu, sebelum mengurus SIUP dan TDP ya,

Proses pengurusannya bisa langsung dilakukan di BPJS Ketenagakerjaan. Ada beberapa dokumen yang harus anda bawa untuk melengkapi persyaratannya, yaitu SIUP, NPWP, Akta Pendirian PT, KTP karyawanan, KK karyawan, dan pas foto. Jika semua sudah dilengkapi, tinggal bawa semua kelengkapannya dan bayarkan iurannya, maka BPJS Ketenagakerjaan untuk PT anda akan segera terbit sertifikatnya.

Nah itu tadi dia beberapa tahapan dalam Cara Mengurus Perijinan PT di Surabaya, sudah dengan pembaharuan per akhir tahun 2018 sebelumnya. Jadi sekarang anda sudah mengetahui apa saja tahapannya bukan? Lalu apakah anda sudah tahu apa saja keuntungan yang bisa anda dapatkan jika mengurus perijinan PT ini di penyedia jasa perijinan PT Surabaya?  Jika belum, silahkan lanjutkan ke bagian berikutnya ya!

Keuntungan Menggunakan Jasa Perijinan PT Surabaya

Bagian sebelumnya sudah menyebutkan secara lengkap Cara Mengurus Perijinan PT di Surabaya yang harus dilalui, agar dapat dicoba oleh setiap orang untuk mengurusnya sendiri. Namun dari penjelasan tersebut, bisa dilihat juga bahwa ternyata tidak mudah bukan perijinan PT itu. Anda perlu menyediakan waktu, tenaga, dan pastinya biaya ekstra agar perijinan PT bisa lebih cepat selesai.

Agar bisa lebih mudah, anda bisa mensiasatinya dengan menggunakan jasa perijinan PT Surabaya saja. Salah satu penyedia jasa perijinan PT di Surabaya ini adalah jasaberkah.com. Anda bisa mendapat beberapa keuntungan yang akan dipaparkan pada bagian di bawah ini, jika menggunakan jasanya. Apa saja keuntungan tersebut? Ayo simak penjelasan berikut ini.

Proses Pengurusan Perijinan PT Lebih Cepat

Seperti yang sudah beberapa kali dijelaskan di bagian sebelumnya, proses perijinan PT pastinya akan memakan waktu cukup panjang. Khususnya untuk daerah Surabaya, karena memang banyak sekali pengusaha yang mengurus perijinan PT miliknya setiap waktu.

Anda bisa saja menggunakan jasa perijinan PT Surabaya. Beberapa diantaranya sudah berpengalaman dan tidak mengecewakan kinerja. Salah satu yang bisa gunakan adalah jasa dari jasaberkah.com. Prosesnya lebih cepat dan anda tinggal menunggu saja, karena jasaberkah.com sudah berpengalaman dalam hal ini.

Bisa Menghemat Waktu Pengurusan Perijinan PT

Bagi anda yang tidak memiliki waktu luang untuk terus mengikuti proses perijinannya, bisa mencoba menggunakan jasa perijinan PT Surabaya yang ditawarkan oleh jasaberkah.com. Proses dari awal hingga akhir bisa diurus oleh jasaberkah.com dan anda tidak perlu meluangkan waktu lebih banyak lagi. Atau secara umum, penggunaan jasa perijinan PT Surabaya bisa mendatangkan keuntungan untuk anda dalam hal penghematan waktu.

Bisa Menghemat Tenaga Pengurusan Perijinan PT

Ingin tahu keuntungan lain yang bisa didapatkan dari menggunakan jasa perijinan PT di Surabaya? Tentunya selain bisa menghemat waktu, anda juga bisa menghemat tenaga dengan cukup signifikan. Tenaga untuk melakukan pengurusan perijinan PT ini pastinya akan sangat banyak terkuras. Jika anda tidak fit, sebaiknya menggunakan penawaran jasa saja. Tinggal menunggu dan mendapatkan hasilnya saja bukan?

Tidak Membuat Usaha Anda tanpa Badan Hukum yang Jelas Terlalu Lama

Terakhir, anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari menggunakan tawaran jasa perijinan PT di Surabaya ini. Pasalnya banyak pengusaha dengan usaha berkembang memilih tidak mengembangkan PT dari usahanya. Akibatnya usaha tersebut berjalan tanpa badan hukum yang jelas.

Tidak ada jaminan usaha bisa berjalan dengan aman hingga akhir. Oleh karena itu, sebaiknya anda segera menggunakan jasa yang ditawarkan dan membuat usaha anda resmi dengan badan hukum yang berlaku.

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai apa saja tahap perijinan PT dan keuntungan dari menggunakan jasa perijinan PT Surabaya ini. Sekarang anda sebagai pengusaha di Surabaya yang sebelumnya masih terkendala dalam pengurusan perijinan PT, bisa bernafas lega. Anda sudah paham seluruh tahapan yang harus dilalui dan bisa memutuskan apakah ingin menggunakan jasa yang ditawarkan oleh jasaberkah.com atau tidak.

Pastinya, anda akan lebih mudah secara pengaturan waktu dan penghematan tenaga jika menggunakan jasa dari jasaberkah.com. Soal biaya jasanya pun sebenarnya biaya yang diminta oleh pihak kami tidak terlalu besar. Jadi silahkan pertimbangkan baik-baik apakah ingin menggunakan jasa perijinan PT Surabaya dari jasaberkah.com atau tidak.

Setelah memutuskannya, anda bisa segera langsung memroses pengurusan perijinan PT anda di Surabaya. Semakin cepat usaha anda berubah menjadi PT, semakin cepat keuntungan dari status PT tersebut bisa anda rasakan. Jadi selamat mempelajari cara mengurus perijinan PT hingga akhirnya anda berhasil membangun PT anda sendiri dengan perijinan yang lengkap.

WhatsApp chat