Jasa Pengurusan Izin Usaha – suatu usaha tentu saja akan membuat seseorang ingin menunjukkan sebuah namanya yang sukses. Seseorang yang menjadi sukses akan berdampak pada hal yang positif bagi setiap orang lain.

Dimana seorang pengusaha menjadi sebuah pilihan terbaik untuk orang lain yang belum mendapatkan pekerjaan/orang yang sudah pernah mengalami kegagalan. Disebabkan pada dasarnya kegagalan merupakan kunci terbaik untuk sukses.

Memiliki usaha milik sendiri tentu saja akan menjadikan anda sebagai seseorang yang berkuasa dalam usaha tersebut. Dimana anda hanya perlu memerintah dan tanpa harus memerintahkan.

Sebenarnya anda masih bisa menggunakan penyedia jasa pengurusan izin usaha untuk menjadi sukses. Ini dikarenakan hal yang pertama adalah anda harus melewati proses pengurusan izin usaha.

Memang pada umumnya kami akan membahas jasa pengurusan izin usaha, namun sebelumnya kami akan menjelaskan tentang apa itu pengurusan izin usaha.


Pengertian Pengurusan Izin Usaha

Jasa pengurusan izin usaha adalah salah satu proses yang akan membangun sebuah usaha. Namun hal ini harus didapatkan permohonan atau perizinan dari pihak yang berkuasa sehingga usaha anda dapat dijamin berjalan dengan baik dan lancar.

Pada umumnya jasa pengurusan izin usaha sangat penting untuk seseorang yang ingin membangun sebuah usahanya. Izin usaha yang telah dimiliki oleh anda harus sesuai dengan bidang yang akan dijalankan oleh anda.

Misalnya saat ini anda memiliki usaha di bidang perdagangan. Dengan begitu pengurusan izin usaha yang akan dilakukan oleh anda adalah SIUP atau kepanjangan dari Surat Izin Usaha Perdagangan.

Pada hal yang sebenarnya perusahaan yang telah mempunyai lebih dari suatu bidang usaha. Yang pastinya harus menyediakan surat izin usaha dalam setiap bidang dari usahanya.

Sebenarnya izin usaha ini sangat bermanfaat untuk menjalankan bisnis atau usaha anda. Manfaat yang akan didapatkan seperti kesehatan lingkungan, peningkatan pada kredibilitas, kepercayaan pada perusahaan dan berbagai manfaat lainnya.

Perusahaan yang telah memiliki izin usaha, hal ini bertanda kalau perusahaan tersebut sudah dapat dipercayai. Dimana perusahaan tersebut sudah sesuai dengan aturan yang telah berlaku.

Pada umumnya perusahaan yang telah mendapatkan izin usaha akan terlihat lebih baik di mata orang banyak. Nah dengan adanya izin usaha pada perusahaan berarti perusahaan yang dimiliki oleh anda bertanda kalau sudah sah atau legal.



Jenis-jenis Pengurusan Izin Usaha

Jika anda telah mengetahui tentang apa itu pengertian dari pengurusan izin usaha, disini kami juga akan membahas mengenai jenis dari izin usaha.

Apa saja yang telah menjadi jenis-jenis dari izin usaha? Pada umumnya pengurusan izin usaha ini memiliki 8 jenis. Mari kita simak 8 jenis izin usaha yang telah disusun oleh kami seperti dibawah ini.


1. SIUJK atau Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi

SIUJK atau kepanjangan dari nama Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi merupakan suatu perizinan untuk anda yang menjalankan usaha dalam bidang konstruksi. Untuk seseorang yang menggunakan jasa konstruksi secara perseorangan, maka harus memiliki TDUP.

TDUP merupakan singkatan dari Tanda Daftar Usaha Perseorangan dalam ini akan diberikan izin bagi orang memiliki usaha perseorangan dibidang konstruksi. Namun tetap saaj seseorang yang menjalankan usaha harus mendapatkan izin usaha terlebih dahulu.

Pasal 27 hingga 28 UU mengatakan kalau usaha perseorangan harus mendapatkan izin dari kantor PTSP setempat (Pelayanan Terpadu Satu Pintu). Begitupun dengan izin untuk mendapatkan SIUJK.

Pada umumnya untuk mendapatkan SIUJK ini sangat mudah dilakukan oleh anda. Dimana hal yang pertama-tama adalah harus memiliki SKA (Sertifikat Keahlian) dan SBU (Sertifikat Badan Usaha). Jika sudah, langsung saja mengurus SIUJK.

Perlu diperhatikan, apabila anda ingin mendirikan sebuah usaha pada bidang Konstruksi. Maka alangkah baiknya anda mencari tahu jenis usaha apa yang ada dibidang ini.

Menurut UU dimana jasa konstruksi ada dua jenis, seperti pekerjaan konstruksi, konsultasi konstruksi, bahkan integrasi keduanya. Maka dari itu anda harus perhatikan dalam hal yang seperti ini.

SIUJK juga memerlukan surat secara pribadi yang seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk), KK (Kartu Keluarga) hingga NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Dengan begitu pengurusan dari SIUJK bisa berjalan dengan baik.


2. SIUI atau Surat Izin Usaha Industri

Surat Izin Usaha Industri atau disingkat sebagai SIUI merupakan sebuah surat perizinandi bidang industri. Hal ini seperti bahan mentah ataupun setengah jadi, bahan baku hingga bahan yang sudah siap.

Dari berbagai kasus setiap perusahaan hanya dapat melebarkan bisnisnya apabila telah memiliki SIUI hingga bisa dibuktikan. Beragam bidang industri harus memerlukan SIUI ini sehingga bisa mendukung bisnisnya.

Dengan adanya SIUI ini dimana usaha di bidang industri anda akan memiliki manfaatnya. Biasanya manfaat akan didapatkan oleh perusahaan seperti perlindungan, terutama perusahaan yang menjalankan usahanya secara terbuka, jujur dan taat pada aturan yang sedang berlaku.

Pada umumnya SIUI hanya diberikan jika sudah memiliki Izin Prinsip. Namun, SIUI juga bisa diberikan tanpa harus memerlukan Izin Prinsip, asalkan proses pada produksinya tidak berdampak buruk bagi lingkungan yang ada.

Perlu diingatkan kalau SIUI ini memiliki dasar hukum yang sudah diterapkan oleh Undang-undang. Maka dari itu anda harus berhati-hati dalam pengurusan SIUI.

Perlu diingatkan, selain memerlukan SIUI untuk menjalankan usaha anda didalam perindustrian, anda juga harus memerlukan izin gudang apabila anda memiliki gudang.


3. SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan

SIUP (Surat izin Usaha Perdagangan) merupakan salah satu surat yang digunakan untuk sebagai perizinan pada usaha perdagangan. SIUP akan diberikan pada pemilik usaha, apakah dia itu menjalankan usaha perseorangan, PT (Perseroan Terbatas) dan usaha lain sebagainya.

Pada umumnya SIUP akan diberikan oleh pemerintah yang bertanda kalau ini sebagai bukti bahwa usaha yang telah dijalani sebagai usaha yang legal, yang pastinya diakui oleh pemerintah.

Tanpa SUIP berarti anda menjalankan sebuah usaha yang ilegal. SIUP ini hanya bisa digunakan satu usaha saja. Pemilik usaha tidak bisa menjalankan usaha sekaligus dua dalam satu SIUP.

SIUP mampu menghindarkan usaha anda dalam berbagai risiko hukum. Bahkan melalui SIUP anda bisa memiliki kekuatan hukum apabila pihak kejahatan ingin mengganggu usaha anda.

Tidak peduli usaha apapun yang akan dijalani oleh anda, tetap saja usaha dagang anda haris memiliki SIUP.


4. SITU atau Surat Izin Tempat Usaha

Surat Izin Tempat Usaha atau SITU merupakan sebuah surat legalitas yang akan dikeluarkan oleh pihak kekuasaan tertentu kepada perusahaan. Jika SITU sudah dimiliki oleh sebuah perusahaan, maka ini bertanda kalau perusahaan tersebut sudah sesuai dengan ketentuan wilayah setempat.

Melalui  SITU tentu saja usaha anda tidak akan pernah mengalami masalah jika telah menggunakan Surat Izin Tempat Usaha. Maka dari itu SITU ini sangat disarankan untuk perusahaan yang dimiliki oleh anda.

Apabila suatu perusahaan diketahui tidak memiliki SITU, maka kemungkinan besar ini akan mendapatkan sanksi. Apalagi perusahaan tersebut memiliki skala yang besar, tentu saja sanksi yang akan diterima lebih besar.

Untuk pengajuan surat izin anda bisa pergi ke DPM (Dinas Penanaman Modal) dan PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) di tingkat kota/kabupaten. Disini anda bisa menanyakan persyaratan kepada pihak yang bersangkutan disana.

Dasar hukum dari SITU biasanya akan diberikan oleh pemerintah yang berupa perda. Perlu diperhatikan kalau SITU ini harus diperpanjangkan dalam 5 tahun sekali.


5. IUMK atau Izin Usaha Mikro Kecil

IUMK (Izin Usaha Mikro Kecil) adalah salah satu perizinan yang berasal dari pemerintah yang diberikan pada UMK untuk menjalankan suatu usahanya. Banyak yang masih bingung untuk mengurusnya.

Pada dasarnya IUMK ini sangat mudah dan cepat untuk menyelesaikan proses pengurusannya. Dimana anda bisa menyelesaikan proses pengurusannya bisa dalam satu hari, apabila anda sudah memenuhi syarat dan ketentuannya.

Untuk syaratnya anda hanya menyediakan surat pengantar yang berasal dari RT/RW yang berkaitan dengan usaha lokasinya. Selain itu, anda juga harus menyediakan KTP, KK, Pas Foto yang berwarna dan mengisi sebuah formulir IUMK.

Jika anda menggunakan IUMK ini, maka anda akan mendapatkan berbagai macam manfaat. Hal yang paling pertama anda akan mendapatkan perlindungan terhadap lokasi usaha yang telah ditentukan.

Selain itu manfaat yang akan didapatkan oleh anda dari IUMK ini seperti yang ada dibawah ini.

  • Akan menjadi lebih mudah dalam pemberdayaan baik itu yang berasal dari pusat maupun provinsi ataupun daerah.
  • Bisa mendapatkan kemudahan pada saat mengakses pembiayaan di sistem keuangan baik itu bank maupun non bank.
  • Mampu memberikan pendampingan untuk mengembangkan usaha yang menjadi lebih besar.
  • Memiliki pertanggungjawaban pada dasar hukum dan telah diizinkan oleh berbagai pihak dengan cara yang legal.
  • Akan membuat usaha menjadi lebih maju, karena hal ini dapat mendorong para usaha sehingga sadar akan pajak.

Intinya dengan adanya IUMK, maka usaha yang dimiliki oleh anda akan menjadi lebih maju kedepannya nanti.


6. IUP atau Izin Usaha Pertambangan

IUP satu suatu nama yang disingkat dari Izin Usaha Pertambangan merupakan salah satu izin yang akan melakukan pertambangan. IUP menjadi sebuah surat permohonan yang sangat penting untuk pelaku usaha pertambangan.

Biasanya usaha pertambangan ini meliputi kegiatan eksplorasi, konstruksi, penambangan, pemurnian, penjualan, pengangkutan dan lain sebagainya. Masa berlaku dari IUP ini mencapai 5 tahun sehingga anda harus menggantinya dengan yang baru.

Pemberian izin pada usaah pertambangan akan diberikan apabila wilayah yang tereksplorasi itu cukup besar oleh perusahan tersebut dengan WIUP. Nama WIUP disingkat dari sebuah nama Wilayah Izin Usaha Pertambangan.

Pemberian WIUP ini akan diberikan pada badan usaha, koperasi, hingga pada perorangan yang berdasarkan kekuasaannya, baik itu melalui permohonan langsung maupun proses lelang.

IUP ini dibagikan kedalam dua bentuk yaitu pertambangan batubara hingga pertambangan mineral.

Persyaratan dari IUP ini sudah diatur oleh PP. No 23 di tahun 2010 pada pasal 23 yang mengenai pada persyaratan IUP.

Nah, pada pasalnya mengatakan bahwa persyaratan IUP adalah eksplorasi mineral dan logam serta batu bara yang diantaranya, administratif, teknis, lingkungan dan finansial.


7. IUT atau Izin Usaha Tetap

IUT atau Izin Usaha Tetap merupakan sebuah perizinan yang khusus buat badan usaha PT atau Perorangan Terbatas dalam melakukan PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri).

Izin Usaha Tetap akan dikeluarkan oleh BKPMD (Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah) atau BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal). Masa berlaku bisa dilihat dari PMA dan juga PMDN.

PMA atau Penanaman Modal Asing dimana IUT akan berlaku selama 30 tahun. Sementara PMDN atau Penanaman Modal Dalam Negeri dimana IUT akan berlaku sepanjang sebuah perusahaan yang masih beroperasi atau bergerak.

Izin Usaha Tetap sangat penting dalam mendukung operasionalnya pada suatu usaha baik usaha menengah, kecil dan perseorangan. Memiliki sebuah izin usaha seperti memiliki identitas usaha anda.

Dengan menggunakan Izin Usaha Tetap maka legalitasnya akan dipertanggung jawabkan. Jadi, anda tak perlu takut dengan masalah-masalah yang akan dihadapi jika anda telah memiliki IUT.

Ada banyak konsekuensi yang berasal dari usaha dalam memerlukan perizinan. Sebenarnya perizinan tak hanya dilakukan untuk membangun usaha saja, namun banyak konsekuensi yang berasal dari usaha dalam memerlukan perizinan tersebut.

Adapun syarat untuk digunakan pada saat membuat IUT. Seperti fotocopy SK kehakiman, domisili, NPWP hingga fotocopy Surat Persetujuan Badan Koordinasi Penanaman Modal.


8. IP atau Izin Prinsip

Izin Prinsip atau IP adalah salah satu perizinan usaha yanb sangat bermanfaat untuk anda. Ada beberapa dokumen yang harus diketahui oleh anda.

Dokumen yang dimaksud adalah formulir IP yang telah mendatanganjnya dan dokumen yang lain sebagainya. Untuk mengurus IP ini sangat mudah dan cepat selesai pada hari yang telah ditentukan

Dilihat dari BPKM dimana mereka mengatakan kalau waktu yang selesai selama satu minggu saja. Berbeda dengan Badan Perizinan Terpadu dimana IP dapat diselesaikan dalam waktu kurang lebih dua minggu.



Dimana Jasa Terbaik Untuk Pengurusan Izin Usaha?

Dimana jasa pengurusan usaha yang paling terbaik? Ada banyak penyedia jasa untuk mengurus sebuah izin usaha. Namun apakah ada yang paling terbaik memproses pengurusan? Tentu saja jasa yang paling terbaik.

Seperti apa jasa pengurusan usaha terbaik? Disini saya merekomendasikan untuk menggunakan penyedia jasa dari Jasa Berkah dimana ini menjadi salah satu tempat untuk anda yang ingin mencari jasa pengurusan izin usaha terbaik.


Kenapa Harus Jasa Berkah?

Kenapa harus Jasa Berkah? Ada banyak penyedia jasa untuk mengurus semua hal yang mengenai izin usaha. Ini dikarenakan Jasa Berkah mebjadi salah tempat yang direkomendasikan untuk mengurus izin usaha anda

Jasa Berkah adalah salah satu tempat yang bisa mengurus semua keperluan anda dalam suatu usaha yang dimiliki oleh anda. Bahkan mereka mampu membuat jenis-jenis izin usaha anda menjadi lebih berkualitas.

Adapun tiga alasan yang harus diketahui oleh anda apabila anda ingin menggunakan Jasa Berkah. Seperti tiga alasan tersebut? Mari kita simak pembahasan yang ada dibawah ini.


Kualitas Terbaik

Pasti semua orang menginginkan suary izin usaha menjadi lebih baik, nah jika anda ingin pengurusan izin usaha anda berkualitas, mungkin anda bisa menghubungi Jasa Berkah.

Mereka menjamin kalau kualitas izin usaha anda akan menjadi lebih berkualitas. Jika anda masih ragu, pada umumnya Jasa Berkah sudah banyak orang yang meriviewnya. Jadi ini bertanda kalau Jasa Berkah menjadi jasa terpercaya jika dibandingkan dengan jasa lainnya.

Pada situs resminya, Jasa Berkah memiliki komitmen bahwa siap melayani para pelanggannya dengan sepenuh hati dalam kesuksesan bersama. Maka dari itu Jasa Berkah menjadi salah satu jasa yang terbaik untuk anda.


Tepat Pada Waktunya

Apakah anda ingin mencari jasa yang paling cepat dalam proses pembuatannya? Langsung saja berkonsultasi dengan Jasa Berkah. Tahukah anda kalau Jasa Berkah mampu menyelesaikan semua hal yang mengenai pengurusan izin usaha.

Mereka mampu menyelesaikan dalam jangka waktu yang paling tepat, jadi semua keinginan dari anda bisa terpenuhi dalam jangka waktu yang tepat.


Menghemat Biaya

Tentu saja semua orang menginginkan penghematan pada biaya, nah apakah anda mencari jasa pengurusan izin usaah yanv lebih hemat? Jasa Berkah inilah yang menjadi pilihan terbaik dan paling tepat untuk anda.

Mereka mampu membuat isi dompet anda lebih terasa hemat dalam mengurus izin usaha. Jadi anda tak perlu takut dengan harga yang akan ditawarkan oleh mereka.

Sampai disin dulu pembahasan kita kali, semoga pembahasan ini bisa bermanfaat untuk anda.

WhatsApp chat