Cara Membuat Surat Izin Usaha, Begini Penjelasannya! seseorang mempunyai usaha baik bidang barang atau jasa maka wajib mempunyai surat izin. Dimana surat tersebut dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah. Lembaga yang berwenang untuk mengurus surat izin tersebut, lalu bagaimana cara membuat surat izin usaha? Ada beberapa hal yang perlu dipahami terlebih dahulu tentang surat izin usaha, apa saja jenisnya serta manfaatnya.

Memahami Surat Izin Usaha

Keberadaan surat izin usaha ini sangat penting, apalagi di dunia bisnis juga usaha yang dilakukan saat ini. Pasalnya surat izin ini harus dimiliki oleh pelaku usaha atau pebisnis yang sedang melaksanakan usahanya. Agar secara hukum, bidang usaha yang sedang dilakukan tersebut bisa lancar dan resmi mendapatkan izin dalam pengoperasiannya.

Adapun surat izin ini merupakan suatu bentuk legalitas juga bukti bahwa suatu usaha yang berdiri tersebut sudah sesuai dengan ketentuan. Biasanya surat izin yang dikeluarkan ini berupa SIUP, kepanjangan dari Surat Izin Usaha Perdagangan yang menjadi legalitas untuk suatu usaha yang sedang berjalan. Jadi bisnis atau usaha yang sedang berjalan ini izinnya jelas tidak ilegal dan punya kekuatan dimata hukum. Maka perlu paham cara membuat surat izin usaha yang harus sesuai ketetuannya, bisa juga menggunakan Jasa Berkah untuk pembuatannya.

Mengurus SIUP memang harus diperhatikan dan harus diutamakan, pasalnya SIUP ini jadi bagian penting berjalannya perdagangan. Dengan kata lain, kondisi yang ada saat ini sudah mengharuskan untuk mendapatkan kemudahan dalam mengurus SIUP. Ada langkah praktis saat ini agar bisa mengurus SIUP lebih mudah dengan menggunakan Jasa Berkah agar lebih efektif juga efisien.

Adapun cara membuat surat izin usaha ini harus memperhatikan syarat-syarat yang harus dipenuhi. Dimana syarat surat izin usaha sudah sesuai dan penting untuk dilakukan dengan cara yang mudah serta praktis. Sebelumnya perlu memahami seperti apa jenis surat izin usaha yang ada tersebut.

Jenis Surat Izin Usaha

Ada beberapa jenis surat izin usaha yang perlu dipahami. Dimana surat izin usaha ini didasarkan pada usaha yang dilaksanakan dengan ketentuan modal yang berbeda. Apa saja jenis dari surat izin usaha tersebut? Untuk bisa memahami bagaimana prosedur juga hal yang ada tersebut, maka bisa melihat dari ketentuan SIUP yang sesuai dengan peraturan pemerintah.

Berdasarkan peraturan pemerintah tentang perizinan Peratiran Menteri Perdanganan RI dengan nomor :36/M-DAG/PER/9/2007. Menyebutkan bawa SIUP atau Surat Izin Perdaganganpenting untuk para pelaku usaha guna menjalankan kegiatan usaha perdagangan. Sifatnya wajib, maka para pelaku usaha harus mengurus izin SUP dan segala persyaratannya. Lalu bagaimana cara membuat surat izin usaha? Sebelum menjawab hal tersebut perhatikan jenisnya terlebih dahulu.

1.Adanya SIUP Makro yang mana usaha dilakukan dibawah nominal 50juta rupiah.

2.SIUP Kecil digunakan untuk usaha yang kisarannya dari 50juta sampai 00juta rupiah.

3.Adanya SIUP Menengah yaitu kisaran 500juta sampai 10 miliar rupiah.

4.SIUP Besar yaiu, usaha yang dilakukan diatas 10miliar rupiah.

Dengan memahami seperti apa cara membuat surat izin usaha dan penjelasan singkat tentang jenis SIUP. Maka biasanya pelaku usaha atau pebisnis akan segera mendaftarkan dan mendapatkan surat izin usaha tersebut. Dengan adanya Jasa Berkah juga akan memberikan kemudahan untuk membuka jalan perizinan pada usaha yang dilakukan.

Dengan memperhatikan usaha yang dimiliki termasuk pada kriteria yang mana dan apakah sudah sesuai? Maka dengan mengurus SIUP bisa mendapatkan berbagai manfaat yang ada.

Manfaat Surat Izin Usaha

Adapun saat fokus pada cara membuat surat izin usaha, maka sebaiknya juga bisa memahami manfaatnya. Jadi yakin bahwa membuat surat izin usaha ini sangat penting dilakukan, dengan menyesuaikan prosedur yang ada serta memenuhi syarat yang berlaku.

1.Sarana Perlindungan Hukum

Ketika pengusaha melakukan perizinan usaha, maka sudah melakukan langkah terbaik sebagai sarana perlindungan hukum. Dengan kata lain, ketika usaha sudah sesuai prosedur dan berlajan dengan baik kemudian ada hal yang tidak diinginkan maka bisa diantisipasi. Misalnya saja kejadian penggusuran yang ada ini akibat ketidaktahuan pemilik usaha yang akhirnya tidak puya kekuatan hukum.

Masalah surat izin usaha ini seharusnya sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi, namun ketidaktauan cara mengurus surat izin usaha inilah yang jadi kendala tersendiri. Dimana terkadang urusan birokrasi ini sangat rumit jadi orang-orang memilih enggan mengurus surat izin usaha. Padahal SIUP sangat penting untuk jaminan hukum, maka mengurus SIUP bisa dengan menggunakan Jasa Berkah.

2.Media Promosi

Hadirnya SIUP ini juga menjadi hal yang penting dilakukan, pasalnya orang-orang akan percaya ketika suatu usaha sudah ada izinnya. Jadi tentunya media promosi ini sangat penting ketika berhubungan dengan surat izin usaha yang berlaku. Dengan cara membuat surat izin usaha yang ada dan kesesuaian dari surat izin tersebut juga sebagai bentuk dari promosi produk atau jasa yang diperlihatkan.

Untuk bisa mendapatkan kualitas terbaik, maka media promosi harus yang bisa menjangkau banyak kepercayaan konsumen. Sebagai contoh, media promosi ini harus yang berkualitas salah satunya dengan adanya surat izin usaha tersebut. Dengan begitu akan semakin berkembang lebih baik lagi serta usaha pun jadi semakin maju.

3.Bukti Taat Hukum

Sebagai warna negara Indonesia juga mempunyai usaha yang sedang dijalankan, maka harus melakukan berbagai urusan yang penting. Salah satunya yaitu dengan adanya bukti dari taat hukum yang berlaku sesuai dengan syarat dan ketentuan. Maka memiliki surat izin usaha ini harus diperhatikan dan dimiliki secara pribadi. Dengan begiu, usaha yang dilakukan tetap lancar dan berada dibawah naungan hukum yang berlaku.

Memang cara membuat surat izin usaha ini tampak terlihat rumit, oleh karena itu harus memperhatikan langkah yang berlaku. Atau bisa juga dengan menggunakan layanan surat izin yang ada, jadi memiliki jaminan terbaik dan bukti bahwa aturan hukum harus dilaksanakan serta ditaati.

4.Mudah Untuk Dapatkan Proyek

Ketika sudah punya surat izin usaha, maka akan lebih mudah mendapatkan akses proyek yang ada. Pasalnya ketika ada tender atau proyek dari suatu lembaga atau perusahaan, maka biasanya yang dilihat terlebih dahulu adalah surat izin usaha. Untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari pelaku usaha yang sedang menjalankan proyeknya.

Maka ketika sudah punya SIUP, kesempatan untuk dapatkan proyek justru lebih besar. Yang kemudian kesempatan tersebut bisa digunakan untuk mendapatkan proyek baru yang kemudian bisa meraih keuntungan. Pasalnya hal yang paling penting saat menghadapi pengadaan proyek adalah nilai kepercayaan yang tinggi. Tak cukup itu saja, tapi juga membuka peluang lainnya dengan sudah mempunyai surat izin usaha.

5.Memudahkan Pengembangan Usaha

Dalam hal ini usaha bisa dilaksanakan dengan baik juga lancar dengan adanya cara membuat surat izin usaha. Pasalnya surat izin usaha ini juga sebagai jaminan terbaik dan masa depan lebih cerah lagi untuk mengembangkan usaha yang berjalan. Pengembangan usaha yang dilakukan tersebut sangat penting untuk bisa membuka lapangan kerja baru bahkan memperluas jejaring usaha yang dilakukan.

Selanjutnya dengan surat izin usaha yang ada ini juga membuka kepercayaan kepada banyak orang untuk bisa melakukan kerjasama.  Yang artinya usaha yang sedang berjalan ini didasarkan pada aturan hukum yang berlaku. Dengan demikian pemilik usaha lainnya atau orang yang tertarik berbisnis bisa langsung percaya dan menjadi patner usaha.

Adapun manfaat yang didapatkan ketika memiliki surat izin usaha ini, maka selanjutnya harus paham bagaimana cara membuat surat izin usaha. Hal ini penting, agar bisa membantu kelancaran usaha yang dilakukan tersebut.

Cara Membuat Surat Izin Usaha

Berikutnya yaitu memahami seperti apa surat izin usaha tersebut, maka bisa memastikan bagaimana hal tersebut bisa berjalan baik dan lancar. Apa saja langkah-langkah yang bisa dilakukan dalam membuat surat izin usaha tersebut?

1.Ambil Formulir Pendaftaran

Langkah awal yang harus dilaksanakan yaitu dengan mendatangi kantor Dinas Perdagangan. Atau bisa juga dengan mendatangi Kantor Pelayanan Perizinan yang kemudian megambil formulir pendafataran izin usaha.

Formulir pendafataran ini juga penting sebagai upaya untuk melakukan antisipasi hal yang tak terduga lainnya. Dengan adanya formulir pendaftaran, maka selanjutnya bisa mengisi form tersebut secara mudah dan sebenar-benarnya.

2.Lengkapi Syarat Yang Ada Pada Formulir

Ketika sudah mendapatkan formulir pengajuan izin usaha, maka berikutnya bisa untuk melengkapi syarat yang ada pada formulir tersebut. Dimana syarat ini penting diperhatikan, seperti data diri berupa KTP, NPWP, SITU juga akta pendirian perusahaan serta berbagai hal penting yang terkait lainnya.

Untuk bisa memenuhi kriteria dan sesuai maka sudah sangat pas berdasarkan ketentuan yang ada. Hal ini penting dilakukan guna memperlancar pembuatan formulir yang nantinya akan disesuaikan dengan persyaratan yang ada. Juga bisa memperhatikan bagaimana cara membuat surat izin usaha tersebut bisa berjalan lancar.

3.Mengisi Formulir Dengan Benar

Setelah formulir adan dan syarat lengkap, maka berikutnya untuk mengisi formulir dengan benar. Dimana formulir yang diisi tersebut harus sesuai dan juga diteliti kembali apakah sudah benar atau tidak.

Pasalnya jika tidak terjadi ketelitian dan mengisi formulir ini ada kesalahan, maka harus diulang dan akan panjang lagi urusannya. Oleh karena itu, ketelitian itu penting sebagai upaya untuk bisa berkonsentrasi ketika mengisi formulir yang telah disediakan.

4.Melakukan Pembayaran

Ketika sudah selesai dengan berbagai pertimbangan yang ada saat ini, maka pembayaran menjadi ikon dan syarat penting bagaimana cara membuat surat izin usaha. Dimana pembayaran ini harus dilaksanakan karena penting untuk bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, adanya nominal angka pembayaran juga berbeda tiap daerah yang ada tersebut.

Dengan kata lain, tiap daerah menentukan tarif untuk pembayarann untuk surat izin usaha tersebut. Jadi nantinya tarif tersebut yang bisa dijadikan tolak ukur untuk mendapatkan kemudahan pembayaran untuk SIUP.

5.Ambil SIUP Jika Sudah Selesai   

Saat seluruh persyaratan sudah sesuai kemudian juga sudah isi formulir serta melakukan pengajuan dan pelunasan pembayaran. Maka hal paling akhir yang harus dilakukan yaitu dengan mengambil SIUP yang sudah selesai. Dengan begitu, selesai tugas yang dilakukan ketika mengurus surat izin usaha yang tentunya melalui berbagai proses serta kondisi yang ada.

Lalu berapa lama proses pengurusan SIUP? Biasanya menghabiskan waktu hingga 2 minggu baru SIUP jadi dan siap digunakan. Tentunya dengan proses yang dilakukan serta sesuai prosedur maka bisa melancarkan usaha yang sedang dijalankan tersebut.

Adapun bagaiama cara membuat surat izin usaha ini harus diperhatikan dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan. Jika ingin melakukan pengurusan surat izin usaha yang lancar dan efektif maka bisa menggukan jasa dari tim Jasa Berkah. Agar mengurus surat izin usaha ini bisa efisien dan lebih praktis tinggal menunggu hasilnya saja dengan bantuan dari Jasa Berkah.

Alamat

OFFICE 1: Jl. Bratang Perintis 6 Nomor 11, Kelurahan Ngagel Rejo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur, 60245 – Indonesia

OFFICE 2: Jl. Kavlingan Cemandi Gang Wak Tunik Nomor 20 RT 1 RW 2, Kelurahan Cemandi, Kecamatan Sedati, Kabupatan Sidoarjo, Jawa Timur, 61253 – Indonesia

Telpon/WA

0812-4986-3105

Email

[email protected]

WhatsApp chat