Cara mendirikan CV di Sidoarjo menjadi salah satu informasi yang banyak dicari masyarakat Sidoarjo untuk menjadikan usaha miliknya resmi. Usaha yang dimiliki para masyarakat, walaupun berskala kecil lebih baik segera didaftarkan menjadi CV.

Tahukah anda apa itu CV? Apa saja perbedaan antara CV dan PT? Semua informasi yang berkaitan dengan CV dan cara mendirikan CV di Sidoarjo akan coba dijelaskan pada bagian di bawah ini.

CV adalah singkatan dari Commanditaire Vennotschop yang dalam bahasa Indonesia sudah diterjemahkan menjadi Persekutuan Komanditer.

Lalu secara komponen CV juga didefinisikan sebagai suatu bisnis yang minimal memiliki 2 orang sebagai pendirinya.

Persyaratan ini adalah salah satu persyaratan yang harus dipenuhi, jika anda ingin bisnis anda terdaftar sebagai CV.

Walaupun bisnis yang anda miliki berskala mikro dan sejak awalnya hanya didirikan oleh anda, saat akan didaftarkan menjadi CV anda harus menambah minimal satu nama lagi sebagai pendirinya juga.

Biasanya kebanyakan pendiri bisnis akan memilih kerabat atau pasangannya untuk menjadi co-founder bisnis ini.

Namun karena dalam CV biasanya pendiri memiliki keterlibatan kepemilikan harta pribadi dalam perusahaan, maka pastikan menjadikan hanya orang yang anda percayai untuk menjadi co-founder CV anda.

Hal ini juga yang membedakan CV dengan PT, pendiri pada PT juga minimal 2 orang, namun semua pendirikan tidak memiliki kepemilikan harta dalam bisnisnya.

Sehingga memang lebih mudah menunjuk seseorang menjadi co-founder untuk memenuhi persyaratan ini. Itulah sebabnya anda membutuhkan Jasaberkah.com yang sudah berpengalaman mengurus proses cara mendirikan CV di Sidoarjo.

Anda akan dibantu mulai dari awal hingga hal-hal seperti membuat penambahan pendiri bisnis menjadi lebih aman dan tidak beresiko.

Pengalamannya yang kaya, membuat CV bisnis Anda bisa dibuat dengan cepat dan tentu memenuhi persyaratan dengan lebih mudah, karena ada yang membantu memprosesnya.

Tahap per Tahap Cara Mendirikan CV di Sidoarjo

Penjelasan berikut ini pastinya adalah penjelasan yang sudah anda tunggu-tunggu sejak tadi. Anda bisa mengurus proses mendirika CV sendiri, di manapun daerah Anda.

Termasuk untuk anda yang ingin mendirikan CV itu di Sidoarjo. Tentunya, cara mendirikan CV Sidoarjo dan setiap daerah lainnya secara umum sama. Namun, Anda harus memperhatikan persyaratan khusus di daerah masing-masing.

Misalnya untuk cara mendirikan CV Sidoarjo, perlu anda pelajari adakah peraturan khusus daerah yang membedakannya dengan daerah lain?

Oleh sebab itulah, penggunaan jasaberkah.com sangat direkomendasikan dalam hal ini. Anda tidak perlu repot-repot lagi menyiapkan persyaratan dan mencari tahu berbagai ketentuan dari proses pendirian CV yang panjang.

Pihak jasaberkah.com akan membuat prosesnya lebih mudah untuk anda. Namun jika anda belum yakin juga, anda bisa mempelajari dahulu gambaran awal bagaimana tahap per tahap cara mendirikan CV ini.

Jika anda sudah mempelajari prosesnya dan anda tertarik untuk menggunakan jasaberkah.com, maka jangan ragu untuk menghubungi kami segera. Ada banyak bagian tim kami yang akan membantu pengurusan CV menjadi lebih mudah dan cepat tentunya. Jadi silahkan pelajari dahulu prosesnya di bawah ini.

1. Pengurusan Akta Usaha dan Pendirian CV di Notaris

Pendirian CV di manapun daerahnya harus dimulai dengan pembuatan akta usaha dan pendiriannya terlebih dahulu. Akta usaha ini menjadi modal berkas awal untuk mengurus berbagai dokumen legalitas berikutnya.

Namun proses pembuatan akta usaha ini sudah mencakup banyak proses lain di dalamnya juga. Apa saja itu? Tentunya yang pertama, akta usaha akan mencakup juga proses pembuatan nama CV secara resmi.

Anda tidak bisa mendirikan CV dan membuat akta usaha, jika CV anda belum terdatar namanya secara resmi. Pendaftaran nama CV secara resmi ini dilakukan dengan mengikuti ketentuan dari Permenkumham 17/2018.

Sesuai peraturana ini, nama yang anda daftarkan tidak boleh sama dengan nama yang sudah didaftarkan sebelumnya di Sistem Administrasi Badan Usaha (SABU).

Jadi langkah awal, periksalah dahulu ke SABU apakah nama CV yang ingin anda daftarkan sudah terdaftar di sana. Jika sudah, maka mau tidak mau anda harus memilih nama yang lain. Namun jika belum, anda bisa langsung melakukan pengajuan pendaftaran nama CV secara online di SABU ini.

Setelah memastikan bahwa nama CV anda sudah terdaftar, maka gunakan nama yang terdaftar tersebut untuk pengurusan akta usaha.

Selesai dengan proses pendaftaran nama CV yang resmi, kemudian anda juga harus menyiapkan nama pendiri CV ini.

Pendiri CV minimal adalah 2 orang yang memiliki keterlibatan dalam aset dan harta bisnis. Hal ini yang terkadang menyulitkan pendiri tunggal memutuskan siapa yang harus dipilihnya menjadi co-founder dalam akta usaha.

Berbeda dengan PT yang pemiliknya tidak memiliki keterlibatan dengan kepemilikan harta dan aset usaha, pemilik CV yang tercantum dalam akta usaha akan diketahui memiliki keterlibatan tersebut.

Jadi akan sangat lebih baik, jika anda memilih kerabat, pasangan, atau orang terdekat anda sebagai co-founder bisnis yang sebenarnya anda bangun sendiri.

Terakhir, anda juga harus melakukan pengurusan lokasi di mana CV anda akan terdaftar alamatnya. Berikutnya nanti, akan diperlukan dokumen legalitas lain yang mendukung soal lokasi atau alamat usaha ini. Namun paling tidak anda memang sudah memiliki alamat lengkapnya untuk dicantumkan pada akta usaha nanti.

Seluruh informasi yang dibutuhkan tadi, mencakup nama, lokasi, dan pendiri bisnis tersebut, kini anda bisa langsung mendatangi notaris yang anda sudah biasa gunakan jasanya.

Atau pilihan lain, anda bisa juga menggunakan jasa notaris yang beroperasi di sekitar domisili alamat bisnis anda. Sampaikan bahwa anda ingin mengurus pendirian CV ini.

Jika anda ingin mendirikan CV Sidoarjo, maka bawa berbagai persyaratan berikut ini ke notaris di Sidoarjo yang akan membantu pengurusan akta usaha anda.

  • Nama CV yang Didirikan dan Telah Didaftarkan di SABU
  • Alamat Lokasi CV Didirikan dan Penjelasan Bidang Usaha
  • Fotokopi KTP Direktur dan Minimal 1 Persero Pasif (Komisaris)
  • Fotokopi NPWP Direktur dan Minimal 1Persero Pasif (Komisaris)
  • Foto Direktur dengan Latar Belakang Merah

2. Pembuatan Surat Keterangan Domisili Perusahaan di Kelurahan

Selesai membuat akta usaha, maka anda bisa menggunakan akta usaha ini untuk pembuatan dokumen legalitas lainnya.

Selanjutnya, anda harus melakukan pembuatan surat keterangan domisili perusahaan di Kelurahan. Jika anda pernah membuat surat keterangan domisili pribadi sebelumnya, proses ini tidak akan jauh berbeda dan pastinya lebih mudah.

Apalagi jika anda menggunakan jasaberkah.com. Kami akan membantu melakukan pengurusan surat keterangan domisili perusahaan ini di manapun daerah anda di Sidoarjo.

Berbagai persyaratan yang berkaitan dengan peraturan daerah pun akan kami sampaikan pada anda, jadi menghemat waktu dan biaya daripada melakukan pengurusan berulang kali. Khususnya terkait perizinan jenis bangunan yang akan dijadikan domisili perusahaan.

Seringkali, di beberapa daerah perusahaan yang beralamat rumah akan sulit diproses Surat Keterangan Domisili Perusahaannya. Untuk Sidoarjo, tentu anda harus memeriksa lagi ke Kelurahan yang bersangkutan terkait persyaratan ini.

Anda bisa mendatangi kelurahan, dan menanyakan langsung. Anda pun harus menyiapkan alamat perusahaan lain jika ternyata rumah tidak bisa dijadikan alamat perusahaan sesuai peraturan daerahnya.

Segera datangi Kelurahan domisili perusahaan berada, dan lakukan proses pembuatan Surat Keterangan Domisili Perusahaan tersebut di sana. Jika ternyata tidak terlalu padat permintaan pengajuan surat domisili, bisa saja langsung jadi. Anda harus memastikan bahwa surat sudah ditandatangani sekaligus dicap.

Tidak ada biaya pembuatan surat keterangan domisili perusahaan ini. Jadi silahkan bawa beberapa persyaratan  di bawah ini dan segera urus surat keterangan domisili perusahaan anda ya.

  • Mengisi formulir pengajuan SKDP yang tersedia di Kelurahan
  • Melampirkan Dokumen Legalitas, seperti Akta Usaha dan SK Menkumham
  • Fotokopi PBB Lokasi Perusahaan, Jika Milik Sendiri
  • Fotokopi IMB Bangunan Perusahaan, Jika Milik Sendiri
  • Surat Keterangan Pemilik Gedung, Jika Menyewa Gedung
  • Fotokopi Kontak Penyewa Tempat Usaha atau Bukti Kepemilikan Jika Tidak Menyewa
  • Foto Gedung Bangunan Perusahaan, Tampak Luar dan Dalam

3. Pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) di Kantor Pajak

Proses selanjutnya diikuti oleh pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk perusahaan atau bisnis anda. CV juga perlu memiliki NPWP sendiri yang terpisah dari NPWP pendirinya. Anda bisa mengurus NPWP Perusahaan ini ke Kantor Pajak di mana domisili perusahaan anda berada.

NPWP ini selain berfungsi untuk menjadi bisnis yang membayar pajak dengan baik, juga berfungsi agar anda bisa mendapatkan surat izin domisili perusahaan yang bersifat tetap. Sebelumnya, surat domisili anda masih bersifat sementara dan harus dilengkapi dengan bukti kepemilikan NPWP Perusahaan, untuk resminya. Bagaimana cara mengurus NPWP Perusahaan?

NPWP Perusahaan bisa diurus dengan cara yang sama mudahnya dengan pengurusan NPWP sendiri. Anda bisa langsung mendatangi kantor pajak dan mengisi segala formulir yang diberikan. Lengkapi juga persyaratannya. Jika dalam cara mendirikan CV Sidoarjo, maka anda bisa langsung mendatangi kantor pajak di Sidoarjo yang berada di wilayah domisili perusahaan anda.

Proses pengajuannya pun sama cepatnya, jika tidak sedang padat pengajuan. Itulah mengapa anda sebaiknya datang di pagi hari, agar paling lambat sorenya NPWP Perusahaan anda sudah bisa jadi. Anda tidak perlu bolak-balik ke kantor pajak jadinya.

Selain kartu NPWP yang anda terima setelah mengurus NPWP, anda juga akan menerima informasi mengenai kebijakan dan kewajiban apa yang harus anda bayarkan. Pastikan untuk menaati peraturan wajib pajak ini, agar usaha anda bisa berkembang dengan baik.

Bagi anda yang belum tahu apa saja persyaratan mengurus NPWP perusahaan, silahkan simak daftar di bawah ini. Jika tidak ingin repot mengurus sendiri, maka bisa gunakan jasaberkah.com mulai dari awal hingga pendirian CV anda selesai.

  • Isilah formulir pengajuan NPWP Perusahaan, formulir disediakan di kantor pajak di lokasi domisili perusahaan anda.
  • Membawa seluruh lampiran legalitas perusahaan,yaitu Akta Usaha, SK Menkumham, dan Surat Keterangan Domisili Perusahaan sebelumnya.
  • Membawa fotokopi KTP pendiri perusahaan, NPWP pribadi pendiri perusahaan, dan Kartu Keluarga dari Direktur Perusahaan.

4. Pengurusan Daftar Usaha Menjadi CV di Pengadilan Negeri Daerah

Usaha anda juga harus terdaftar secara resmi di Pengadilan Negeri daerah. Misalkan anda mendirikan CV di Sidoarjo, maka anda harus mendaftarkan CV Sidoarjo anda ini di pengadilan negeri setempat.

Untuk tahapan yang satu ini tentunya tidak akan semudah tahapan sebelumnya. Jika anda ingin menghemat tenaga dan waktu, anda bisa menggunakan jasaberkah.com.

Pasalnya tidak ada petunjuk yang jelas soal pengurusannya. Anda harus mencari tahu sendiri, namun melalui pembahasan ini mungkin anda bisa mendapatkan sedikit gambaran bagaimana prosesnya. Tentunya anda bisa mengawali prosesnya dengan datang ke pengadilan negeri terdekat.

Sampaikan keinginan anda untuk mendaftarkan usaha anda secara resmi, dan kemudian anda akan diarahkan ke bagian bertanggung jawab dalam urusan pendaftaran usaha ini. Anda mungkin perlu menunggu lama dalam proses ini, karena membutuhkan proses yang cukup panjang.

Beberapa daerah ada yang meminta biaya pendaftaran. Anda bisa menyiapkannya dan memberikannya, hanya jika diminta ya. Prosesnya cepat dan bisa langsung jadi saat itu juga. Anda akan menerima surat bukti pendaftaran usaha yang telah ditandatangani dan dicap oleh pengadilan negeri Sidoarjo misalnya.

Sebagai perusahaan, usaha, atau bisnis yang telah terdaftar di pengadilan negeri, pastinya membuat CV anda menjadi semakin dipercaya. Jadi silahkan siapkan beberapa persyaratan di bawah ini untuk pengurusannya:

  • Menyiapkan dokumenlegalitas perusahaan yang dibutuhkan, mencakup akta usaha, SK Menkumham, Surat Keterangan Domisili Perusahaan, dan NPWP Perusahaan.
  • Melakukan pengajuan pembuatan, dan anda akan mendapatkan cap dan tanda tangan dari pengadilan negeri.
  • Membayar biaya pendaftaran, beberapa daerah memiliki peraturan yang berbeda untuk ini.

5. Pembuatan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) yang Dibutuhkan untuk Pengajuan Permanen

Anda kemudian juga perlu membuat Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) yang akan mengubah perizinan sementara anda menjadi perizinan permanen. Sebuah CV harus memiliki SIUP sebagai dasar hukum yang sangat kuat. Jadi pastikan untuk segera mengurus SIUP untuk pendirian CV anda.

Tidak terlalu sulit mengurus SIUP dan anda hanya perlu menuju kecamatan domisili perusahaan anda saja. Namun mungkin karena informasi yang terbatas, anda kesulitan menemukan informasi mengenai bagaimana cara pembuatan SIUP ini, jadi silahkan simak pembahasannya pada bagian di bawah ini.

Jika anda mendirikan CV Sidoarjo, maka anda harus mendatangi kecamatan domisili perusahaan anda ini di Sidoarjo.

Pihak kecamatan akan meminta berbagai persyaratan pembuatan SIUP yang harus sudah anda bawa. Jika belum mengetahui apa saja persyaratannya, pada bagian bawah ada daftar persyaratan yang harus disiapkan untuk pengurusan SIUP ini.

Selain menyiapkan berbagai dokumen, Anda juga harus siap menjawab pertanyaan terkait keuangan dari perusahaan atau bisnis anda ini. Selalu siapkan informasi terkait perusahaan dalam sebuah catatan untuk membantu anda menjawab nantinya.

Proses pembuatan SIUP perlu mengajukan pertanyaan-pertanyaan tadi karena dibutuhkan kepastian akan skala usaha dan apakah sudah cukup dokumen yang dikumpulkan sesuai dengan skala perusahaan tersebut. Prosesnya akan memakan waktu lebih dari satu hari. Jadi siapkan waktu berikutnya kosong, untuk pengambilan SIUP yang telah jadi.

Lagi-lagi jika anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan pembuatannya sendiri. Silahkan gunakan jasaberkah.com untuk membantu anda. Lalu berikut ini persyaratan yang anda harus siapkan:

  • Mengisi formulir pengajuan SIUP yang disediakan di Kecamatan
  • Melampirkan dokumen legalitas perusahaan lagi, berupa Akta Usaha, SK Menkumham, Surat Keterangan Domisili Perusahaan, dan NPWP Perusahaan.
  • Melampirkan foto Direktur Perusahaan dengan ukuran 3×4 berwarna.

6. Pembuatan TDP (Tanda Daftar Perusahaan) Agar Usaha Semakin Kredibel

Tahap terakhir dan tidak terlalu sulit untuk diselesaikan adalah pembuatan TDP (Tanda Daftar Perusahaan). Bagaimana cara mengurusnya dan apa manfaatnya untuk usaha anda nantinya sebagai CV?

TDP bisa anda urus di kantor walikota. Anda bisa masuk langsung ke bagian pengurusan TDP, jika belum tahu di mana bisa tanyakan ke bagian informasi. Namun anda harus menyiapkan waktu yang cukup banyak, karena pembuatan TDP ini cukup padat biasanya di kantor walikota. Anda yang berada di Sidoarjo, bisa pergu ke kantor walikota di sana.

Seluruh dokumen persyaratan yang dibutuhkanharus anda setorkan ke loket pengurusan TD. Anda yang datang di pagi hari, biasanya akan diminta menunggu jika ingin menunggu selesai di sore hari. Namun jika anda sudah terlalu siang, pengurusan akan selesai di hari berikutnya.

Biaya pengurusannya gratis, walau memang biasanya anda akan sulit mengosongkan waktu untuk pengurusannya. Namun anda bisa menyimak daftar persyaratannya terlebih dahulu di bawah ini. Siapkan persyaratannya dan gunakan jasaberkah.com jika anda ingin memudahkan prosesnya.

  • Mengisi formulir pengajuan TDP, bisa ditemukan di kantor walikota
  • Melampirkan legalitas perusahaan, seperti sebelumnya dan tambahkan SIUP.
  • Foto Direktur berukuran 3×4 berwarna
  • Fotokopi BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan Anda
  • Materai

Kini anda sudah tahu secara lengkap tahap per tahap cara mendirikan CV di Sidoarjo bukan? Bagaimana menurut Anda, apakah anda tetap tertarik mengurusnya sendiri? Jika memang anda ingin melakukan pengurusan sendiri, pastikan untuk mengikuti seluruh instruksi dan menyiapkan segala persyaratan dengan lengkap. Jadi walau mengurus sendiri, anda tetap tidak merasa kesulitan.



Namun jika anda merasa tidak bisa menyediakan waktu yang cukup untuk proses pembuatannya, maka jangan ragu menggunakan jasaberkah.com. Jasa yang kami tawarkan siap membantu anda melakukan pengurusan CV tanpa perlu menghabiskan waktu dan tenaga. Soal biayanya, tentu kami tidak akan meminta biaya yang besar.

Anda akan merasakan sendirinya mudahnya mengurus pendirian CV dengan cara ini. Jadi jangan tunggu lama lagi dan segera resmikan bisnis anda menjadi sebuah CV yang diakui, terdaftar, dan dipercaya oleh klien tentunya. Selamat mengurus CV di Sidoarjo!

Khusus bagi Anda yang berada di Surabaya bisa mempelajari lebih lanjut cara mendirikan cv di Surabaya.

WhatsApp chat