Cara mendirikan CV di Gresik adalah satu lagi jenis informasi yang banyak dicari di masyarakat beberapa waktu belakangan. Hal ini berkaitan dengan semakin banyaknya masyarakat yang membangun bisnis sendiri dan ingin mendaftarkan bisnisnya agar resmi secara hukum dan bisa melaksanakan kewajiban pajak dengan benar.

Apapun jenis bisnis yang anda bangun di Gresik, pertimbangkan untuk segera daftarkan menjadi CV, jika didirikan oleh minimal 2 orang. Sebelumnya sudahkah anda tahu apa itu CV?

Bagi anda yang belum familiar dengan istilah CV, ketahui bahwa CV di sini adalah singkatan dari Commanditaire Vennootschap. Walau digunakan singkatan CV, sebenarnya dalam kamus bahasa Indonesia sudah ada padanan kata untuk jenis perusahaan ini, yaitu Persekutuan Komanditer.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, cara mendaftarkan CV akan meminta anda memenuhi persyaratan bahwa bisnis anda didirikan oleh minimal 2 orang. Biasanya untuk bisnis mikro akan menggunakan nama pasangan atau kerabat bahkan karyawan kepercayaannya untuk menjadi co-founder dari bisnis tersebut.

Secara sederhana, sebenarnya sudah dapat terlihat apa yang membedakan CV dan PT (Perseroan Terbatas) bukan? Selain karena didirikan oleh minimal 2 orang, CV melibatkan kepemilikan harta dan sumber daya bisnis pada pendirinya. Sedangkan PT, pendiri tidak memiliki keterlibatan harta dan sumber daya dari bisnis yang didirikannya. Karena secara mendasar sudah berbeda, kepengurusan izin mendirikan CV dan PT pun menjadi berbeda.

Kali ini, untuk anda para masyarakat Gresik yang sudah lama mencari tahu bagaimana cara mendirikan CV di Gresik, bisa menyimak penjelasan di bawah ini. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam hal tahap-tahap hingga persyaratan untuk mendirikan CV dari bisnis yang anda punya. Penasaran apa saja tahap dan persyaratan tersebut? Silahkan simak penjelasan pada bagian berikutnya.



Tahapan Cara Mendirikan CV di Gresik Secara Umum

Secara umum tahapan cara mendirikan CV di Gresik tidak berbeda dengan cara mendirikan CV di berbagai daerah lainnya. Namun tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, karena walaupun prosesnya sama bisa saja persyaratan yang diminta berbeda-beda. Oleh karena itu, pada bagian ini akan coba dijelaskan secara berurutan tahapan anda bisa mengubah bisnis anda yang sudah berkembang menjadi sebuah CV.

Seluruh tahapan cara mendirikan CV sudah di atur dalam Peraturan menteri Hukum dan Ham No.17 Tahun 2018. Judul dari peraturan menteri tersebut adalah tentang pendaftaran persekutuan komanditer, persekutuan firma, dan persekutuan perdata. Jadi anda juga bisa mengetahui cara mendirikan PT dari pembahasan di peraturan menteri ini.

Sekarang setelah sudah mengetahui landasan hukum dari cara mendirikan CV Gresik dan daerah lainnya, silahkan simak rangkuman serta penjelasan singkat bagaimana akhirnya bisnis bisa terdaftar menjadi CV yang diakui hukum dan negara. Berikut ini penjelasan lengkapnya!



1. Buatlah Akta Usaha dan Pendirian CV Terlebih Dahulu

Cara mendirikan CV Gresik diawali dengan tahapan membuat akta usaha. Usaha anda akan terdaftar menjadi CV, jika dilengkapi dengan akta usaha. Akta usaha ini tidak akan anda dapatkan, jika tidak mendaftar sendiri. Proses untuk bisa mendapatkan akta usaha ini akan meminta beberapa syarat. Silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Anda saat akan membuat akta usaha, harus sudah memiliki nama CV yang akan anda gunakan. Jika anda tidak tahu bagaimana ketentuan dalam menentukan nama CV, silahkan pelajari peraturan dalam pembuatan nama CV yang dimuat di dalam Permenkumham 17/2018, sama seperti landasan hukum sebelumnya.

Hal paling sederhana yang harus anda perhatikan dalam penentuan nama CV adalah pastikan bahwa nama itu belum pernah didaftarkan oleh CV lain. Silahkan cek nama-nama yang sudah terdaftar sebagai CV pada Sistem Administrasi Badan Usaha (SABU) ini.

Sudah selesai menentukan nama CV yang akan anda daftarkan? Silahkan ajukan nama tersebut ke SABU di mana anda memeriksa ketersediaan nama sebelumnya. Proses pengajuan nama ini dilakukan sendiri dan secara online.

Setelah dipastikan nama CV anda sudah terdaftar di SABU, anda kemudian harus memenuhi persyaratan berikutnya. Persyaratan berikutnya berkaitan dengan syarat pendiri CV. Anda harus memiliki 2 nama yang akan dicatat sebagai pendiri CV ini nantinya. Jadi bagi anda yang membangun usaha sendiri, silahkan tentukan nama satu orang lain.

Akan sangat lebih baik jika anda menggunakan nama dari pasangan anda, atau nama kerabat anda. Hindari menggunakan sembarang nama karena pendiri CV akan diartikan sebagai orang yang memiliki kepemilikan dari harta yang dimiliki CV ini. Jika anda memiliki pekerja terpercaya, boleh juga dijadikan co-founder CV.

Setelah memiliki dua orang sebagai pendiri CV, sebelum bisa membuat akta usaha, CV anda harus sudah memiliki alamat lokasi yang sebenarnya. Karena pengurusannya akan di bawa ke Notaris, dan notaris akan mencantumkan alamat tersebut dalam akta usaha.

Jika semua kebutuhan informasi yang diperlukan sudah anda miliki, anda tinggal mendatangi notaris yang sudah biasa anda gunakan jasanya. Bisa juga notaris terdekat dari lokasi anda atau lokasi usaha anda. Bawa semua persyaratan yang dibutuhkan dan sampaikan kebutuhan anda untuk membuat akta usaha. Atau anda juga bisa menggunakan layanan dari Jasaberkah.com untuk membantu pengurusan CV mulai dari pembuatan akta usaha ini.

Agar tidak bingung apa saja yang harus anda bawa dan siapkan, berikut ini ada daftar persyaratan yang harus anda siapkan dan bawa ke notaris saat pengurusan akta usaha:

  • Fotokopi KTP Direktur dan Minimal 1 Persero Pasif (Komisaris)
  • Fotokopi NPWP Direktur dan Minimal 1Persero Pasif (Komisaris)
  • Nama CV yang Didirikan
  • Penjelasan Bidang Usaha dan Lokasinya
  • Foto Direktur dengan Latar Belakang Merah


2. Selanjutnya Buatlah Surat Keterangan Domisili Perusahaan/ CV yang Anda Daftarkan

Setelah akta usaha sudah selesai dibuat dan sudah anda miliki, tahapan berikutnyaanda harusmemawa akta usaha yang sah dibuat di notaris sebelumnya untuk membuat Surat Keterangan Domisili Perusahaan.Proses pembuatan Surat Keterangan Domisili Perusahaan yang disebutkan hanya bisa dilakukan jika anda sudah memiliki akta usaha tadi. Pembuatannya bisa dilakukan di Kelurahan.

Banyak yang bertanya kelurahan mana yang harus anda datangi untuk pembuatan surat ini? Apakah kelurahan tempat anda tinggal ataukah kelurahan tempat lokasi perusahaan anda berada? Itulah sebabnya sejak awal pembuatan anda diminta sudah harus memiliki alamat lokasi CV.

Jadi pembuatan Surat Keterangan Domisili Perusahaan dilakukan di kelurahan tempat lokasi CV anda berada, sesuai dengan yang tercatat di dalam akta usaha sebelumnya. Soal persyaratan mengurus surat keterangan domisili perusahaan ini sebenaarnya secara umum sama. Hanya saja ada beberapa daerah yang menyaratkan bahwa bangunan rumah tidak boleh dijadikan alamat kantor. Nah, apakah cara mendirikan CV Gresik juga ada syarat seperti itu?

Untuk memeriksanya, anda bisa mendatangi kelurahan domisili di mana alamat kantor anda terdaftar? Jika memang tidak diperbolehkan, maka anda terpaksa harus mencari lokasi lain sebagai kantor anda sesuai perizinan. Saat ini, sudah banyak kantor yang merupakan gabungan dari beberpaa perusahaan, yang dikenal juga dengan istilahcoworking spacedan sudah semakin menjamur.

Prinsip dari coworking space ini adalah beberapa kantor menyewa satu gedung, biasanya setiap kantor akan mndapa wilayah sendiri bahkan bisa satu lantai sendiri. Namun jika memang ingin melakukan penyewaan gedung untuk kantor bersama, lebih baik pilih lokasi yang strategis dan membuat kantor anda mudah untuk diakses.

Berikutnya, anda mungkin bingung bagaimana memulai prosedur mengurus surat keterangan domisili perusahaan ini. Mulailah dengan mencari kantor kelurahan dari lokasi di mana perusahaan anda berdomisili. Tentunya mendatangi kantor kelurahan untuk pengurusan surat-surat ini hanya bisa dilakukan di jam dan hari kerja yang berlaku.

Saat mendatangi kelurahan, pastikan Anda sudah menyiapkan seluruh berkas yang dibutuhkan dan tinggal menunggu proses pembuatannya selesai. Pengajuan surat keterangan domisili jika tidak sedang padat, bisa langsung jadi di hari yang sama juga.

Namun jika anda tidak memiliki waktu luang untuk mendatangi Kelurahan cobalah jasa yang kai tawarkan di Jasaberkah.com. Kami melayani pengurusan CV Gresik mulai dari awal hingga jadi.

Kami akan memastikan untuk surat keterangan domisili perusahaan anda hingga ditandatangani oleh Lurah dan sudah dicap juga oleh kelurahan. Jika membuat sendiri tidak ada beban biaya yang dipatok di kelurahan. Hanya uang terima kasih saja.

Namun jika anda menggunakan jasaberkah.com, biayanya pun terjangkau karena sudah mengxover biaya seluruh tahapan. Berikut ini daftar apa saja yang harus anda siapkan dalam pengurusan surat keterangan domisili perusahaan:

  • Ada formulir pengajuan SKDP di Kelurahan yang harus anda isi lebih dahulu dengan lengkap.
  • Lampirkan Legalitas Perusahaan Anda, Mencakup Akta dan SK Menkumham
  • Fotokopi Kontak Penyewa Tempat Usaha atau Bukti Kepemilikan Jika Tidak Menyewa
  • Surat Keterangan Pemilik Gedung, Jika Menggunakan Gedung
  • Fotokopi PBB Domisili Perusahaan
  • Fotokopi IMB Bangunan Perusahaan
  • Foto Gedung Bangunan Perusahaan, Tampak Luar dan Dalam


3. Buat/ Daftarkan Nomor Pokok Wajib Pajak Usaha Anda

Karena surat izin domisili perusahaan yang anda urus ebelumnya bersifat sementara, maka andan harus segera membuat yang permanennya. Caranya, anda harus memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Perusahaan.

Biasanya banyak dari bisnis yang akan berkembang menjadi CV belum memiliki NPWP perusahaan. Jadi anda harus mengurus ini secepatnya dan gunakan sebagai persyaratan untuk mendapat surat izin domisili perusahaab yang tetap.

Sudahkah anda pernah mengurus NPWP sendiri? Secara umum prosesnya mirip dengan pengurusan NPWP Individu. Namun beberapa persyaratannya mungkin berbeda. Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara mengurus NPWP perusahaan, silahkan simak pembahasan lebih lanjutnya di bawah ini.

Sebenarnya proses pengurusan NPWP Perusahaan tidak berbeda jauh dengan pengurusan NPWP sendiri. Tentunya yang paling pertama anda harus lakukan adalah mendatangi kantor pajak. Kantor pajak yang bisa anda datangi adalah kantor pajak daerah di mana CV anda berada.

Jika CV anda berada di Gresik, datangilah kantor pajak region daerah kelurahaan lokasi CV anda. Jangan lupa untuk menyiapkan seluruh persyaratan yang menjadi persyaratan cara mendirikan CV gresik du kantor pajak ini.

Saat sudah sampai di kantor pajak, sampaikan maksud anda untuk membuat NPWP dari perusahaan atau CV anda. Jika sudah diproses, anda tinggal menunggu karena bisa selesai satu hari. Jika memang sedang padat, biasanya pihak kantor pajak akan meminta anda untuk datang di hari berikutnya.

Jika sudah memiliki NPWP Perusahaan, anda akan menerima informasi lengkap terkait apa saja kewajiban pajak yang harus dibayarkan perusahaan anda setiap waktunya. Pastikan untuk menaati wajib pajak agar usaha anda bisa berjalan dengan baik dan bertahan lama.

Berikut ini beberapa persyaratan yang perlu anda siapkan terkait apa saja dokumen untuk cara mendirikan CV Gresik pada tahap pembuatan NPWP:

  • Mengambil dan mengisi formulir pengajuan NPWP di kantor pajak domisili perusahaan anda.
  • Anda juga harus membawa semua berkas yang membuktikan legalitas perusahaan, mulai dari Akta Usaha, SK Menkumham, hingga Surat Keterangan Domisili Perusahaan.
  • Anda juga perlu menyiapkan fotokopi KTP semua pendiri CV, NPWP Pribadi masing-masing pendiri, juga Kartu Keluarga dari Direktur CV saja.


4. Daftarkan Usaha Anda di Pengadilan Negeri di Daerah Anda

Tahap berikutnya dalam pendirian CV di Gresik mencakup juga anda harus mendaftarkan usaha anda di Pengadilan Negeri. Usaha yang terdaftar di pengadilan negeri adalah usaha yang akan lebih dipercaya oleh klien dan pastinya juga terlihat lebih profesional. Jadi anda sebaiknya juga mengurus pendaftaran ini untuk bisa mendirikan CV yang ideal.

Namun perlu diketahui bahwa pengurusan pendaftaran di pengadilan negeri ini menjadi yang paling banyak dikeluhkan. Selain karena pelayanannya yang tidak terinformasi dengan baik, banyak yang masih belum jelas terkait berapa biaya yang perlu disiapkan untuk pendaftaran.

Ada yang menyebutkan bahwa besar biaya pendaftaran berbeda bergantung dengan daerahnya. Akan tetapi, ada juga yang menyebutkan bahwa biaya ini seharusnya tidak berbeda-beda.

Oleh karena itu, sebaiknya anda siapkan sejumlah biaya selain persyaratan lain yang dibutuhkan. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu anda bawa untuk pendaftaran usaha di Pengadilan Negeri:

  • Berkas/ dokumenseperti akta usaha, SK Menkumham, Surat Keterangan Domisili Perusahaan, dan NPWP Perusahaan.
  • Membawa sejumlah uang untuk biaya pendaftaran.
  • Mengisi formulir yang dibutuhkan dan memastikan ada tanda tangan dan cap pengadilan negeri untuk usaha anda.


5. Daftar untuk Mendapatkan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP)

Berikutnya, anda juga harus mengurus Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) yang menjadi berkas dokumen pendirian CV yang paling penting. SIUP menjadi tanda bahwa CV anda sudah kredibel dan tidak perlu diragukan lagi jasa dan layanannya.

Anda bisa membuat SIUP ini dengan datang ke Kecamatan domisili perusahaan anda. Jika anda berlokasi di Gresik, maka anda bisa mendatangi Kecamatan di mana lokasi anda berada di Gresik. Saat mendatangi Kecamatan, anda harus sudah membawa berbagai persyaratan yang dibutuhkan.

Berbagai persyaratan akan dijelaskan pada bagian berikutnya, namun anda harus menyiapkan juga jawaban untuk pertanyaan yang akan diajukan. Ada pertanyaan konfirmasi untuk pemetaan skala CV anda yang akan diajukan pada anda. Jadi pastikan untuk mengetahui berbagai informasi keuangan usaha anda.

Tidak ada biaya yang dibebankan untuk proses pembuatan SIUP ini. Namun mungkin prosesnya akan memakan waktu lebih 1 hari. Jadi silahkan gunakan jasaberkah.com untuk membantu anda mendirikan CV dengan lebih mudah.

Ada beberapa berkas/ dokumen yang perlu anda siapkan dan daftarnya ada di bawah ini:

  • Formulir pengajuan SIUP yang telah diisi dengan lengkap
  • Lampiran legalitas perusahaan kembali, yaitu Akta Usaha, SK Menkumham, Surat Keterangan Domisili Perusahaan, dan NPWP Perusahaan).
  • Lampiran berupa foto Direktur Perusahaan dengan ukuran 3×4 berwarna.


6. Buat TDP (Tanda Daftar Perusahaan) untuk Usaha yang Terpercaya dan Diakui

Dokumen legalisasi terakhir yang dibutuhkan dan termasuk dalam cara mendirikan CV Gresik adalah Tanda Daftar Perusahaan (TDP). TDP ini perlu dibuat untuk menjadikan CV anda terpercaya dan diakui secara umum. Bagaimana cara pembuatannya?

Pembuatan TDP ini bisa dilakukan di Kantor Walikota secara langsung ataupun secara online. Namun lebih direkomendasikan untuk pembuatan secara langsung saja. Karena anda bisa langsung mengisi formulir yang dibutuhkan, melampirkan dokumen yang diminta, dan menunggu hasilnya jadi.

Namun pada kondisi tertentu di mana permintaan pembuatan TDP sangat padat, anda mungkin diminta datang keesokan harinya untuk mengambil hasil TDP yang selesai diproses. Biaya untuk pembuatan TDP ini gratis.

Jika anda ingin mengurus sendiri langsung ke kantor walikota tentunya sangat bagus, tetapi jika terbatas waktu silahkan hubungi jasaberkah.com sekarang juga. Jangan lupa untuk membawa berkas-berkas di bawah ini untuk pembuatannya ya.

  • Lengkapi formulir pengajuan TDP yang akan diberikan saat anda mendatangi Kantor Walikota.
  • Berikan berbagai fotokopi dokumen yang membuktikan legalitas perusahaan anda, seperti Akta Usaha, SK Mengkumham, Surat Keterangan Domisili Perusahaan, NPWP Perusahaan, dan SIUP.
  • Lampirkan Foto Direktur berukuran 3×4 berwarna
  • Materai dan BPJS Ketenagakerjaan

Itulah tadi penjelasan lengkap dan berurutan mengenai tahapan cara mendirikan CV di Gresik. Bagaimana mudah sekali bukan? Bahkan biaya yang dibutuhkan untuk mendaftarkan CV pun bisa gratis, jika tidak ditemukan pungutan liar (pungli) di beberapa lokasi yang anda kunjungi.

Namun walaupun ada pungli, biasanya besar biayanya tidak terlalu menguras kantong. Jadi anda tetap bisa hemat walau sudah menyisihkan sebagian uang anda untuk masa depan bisnis yang anda kembangkan ini. Jadi segeralah siapkan persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan untuk mendirikan CV di Gresik ya.

Bagi Anda yang berlokasi di Kota Surabaya dan sekitarnya dapat mempelajari artikel kami yang lain yaitu Cara Mendirikan CV di Surabaya.

Adapun bagi Anda yang beradi di Kota Sidoarjo dan sekitarnya dapat mempelajari artikel kami yakni Cara Mendirikan CV di Sidoarjo.

Semakin cepat anda mempersiapkan, semakin cepat juga bisnis anda akan resmi terdaftar menjadi CV. Tentunya sebagai bisnis yang telah berubah menjadi CV, akan banyak juga keuntungan yang bisa didapatkan. Jadi jangan tunggu lama lagi segera daftarkan CV yang anda dirikan. Selamat mencoba!

WhatsApp chat